go green

Kamis, 09 November 2017

SOAL DAN JAWABAN ANALISIS KORELASI LINIER SEDERHANA

UJI PEMAHAMAN MATERI
PERTEMUAN 6 : ANALISIS KORELASI LINIER SEDERHANA
Mata Kuliah Statistika Industri 2
Dosen Pengampu: Nanang Kusnandar, S.Si., M.T.

Nama              :    Dharma Putra Satria
NIM                :    2012080222 / 04TIDPB
Mata Kuliah   :    Statistika Industri 2
Dosen              :    Nanang Kusnandar, S.Si.,M.T.

PERTANYAAN:
1.      Berikut adalah data tinggi badan bapak (X) dan anak (Y):

No
X
Y
1
170
178
2
163
175
3
157
165
4
165
173
5
175
168
6
160
152
7
165
163
8
168
168

  1. Hitunglah koefisien korelasi linear antara X dan Y! Apa arti dari nilai koefisien korelasi tersebut?
  2. Pada taraf nyata 10%, ujilah hipotesis bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara tinggi badan seorang bapak dengan tinggi badan anaknya!

Jawab :
Pengamatan
1
2
3
4
5
6
7
8
Bapak
170
163
157
165
175
160
165
168
Anak
178
175
165
173
168
152
163
168

Untuk pengamatan tersebut dapat dibuat table berikut ini (X untuk tinggi bapak, Y untuk tinggi anak)
i
Xi
yi
(xi-x̄)
(yi-ȳ)
(xi-x̄) (yi-ȳ)
(xi-x̄)²
(yi-ȳ)²
1
170
178
4.6
10.3
47.38
21.16
106.09
2
163
175
-2.4
7.3
-17.52
5.76
53.29
3
157
165
-8.4
-2.7
22.68
70.56
7.29
4
165
173
-0.4
5.3
-2.12
0.16
28.09
5
175
168
9.6
0.3
2.88
92.16
0.09
6
160
152
-5.4
-15.7
84.78
29.16
246.49
7
165
163
-0.4
-4.7
1.88
0.16
22.09
8
168
168
2.6
0.3
0.78
6.76
0.09
total
1323
1342


140.74
225.88
463.52

X̄ = 1323 / 8 = 165,4
Ȳ = 1342 / 8 = 167,75

2.      Sepuluh orang mahasiswa mempunyai nilai Matematika (X) dan Fisika (Y) sebagai berikut (dalam skala 0 – 4):

No
X
Y
1
3
2
2
4
2
3
3
4
4
2
3
5
4
4
6
3
4
7
2
1
8
1
1
9
3
3
10
2
3

  1. Carilah koefisien korelasi antara nilai matematika dan fisika mahasiswa berdasarkan data di atas! Apa arti dari koefisien korelasi tersebut?
  2. Pada taraf nyata 5%, ujilah hipotesis bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara nilai matematika dan fisika mahasiswa!

Jawab :
Data mahasiswa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Matematika
3
4
3
2
4
3
2
1
3
2
Fisika
2
2
4
3
4
4
1
1
3
3

Untuk pengamatan tersebut dapat dibuat table berikut ini (X untuk Matematika, Y untuk Fisika)
i
Xi
yi
(xi-x̄)
(yi-ȳ)
(xi-x̄) (yi-ȳ)
(xi-x̄)²
(yi-ȳ)²
1
3
2
0.3
-0.9
-0.27
0.09
0.81
2
4
2
1.3
-0.9
-1.17
1.69
0.81
3
3
4
0.3
1.1
0.33
0.09
1.21
4
2
3
-0.7
0.1
-0.07
0.49
0.01
5
4
4
1.3
1.1
1.43
1.69
1.21
6
3
4
0.3
1.1
0.33
0.09
1.21
7
2
2
-0.7
-0.9
0.63
0.49
0.81
8
1
2
-1.7
-0.9
1.53
2.89
0.81
9
3
3
0.3
0.1
0.03
0.09
0.01
10
2
3
-0.7
0.1
-0.07
0.49
0.01
Total
27
29


2.7
8.1
6.9

X̄ = 1323 / 8 = 165,4 
Ȳ = 1342 / 8 = 167,75



           
3.      Tabel berikut menunjukkan skor keotoriteran dan skor perjuangan sosial dari 12 orang mahasiswa:

Skor
Mahasiswa
Keotoriteran
Perjuangan sosial
A
82
42
B
98
46
C
87
39
D
40
37
E
116
65
F
113
88
G
111
86
H
83
56
I
85
62
J
126
92
K
106
54
L
117
81

Berdasarkan data tersebut, periksalah apakah terdapat hubungan antara skor keotoriteran dengan skor perjuangan sosial pada mahasiswa ? (lakukan pengujian signifikansi pada a = 0,01)
Jawab :
Tabel berikut menunjukkan skor keotoriteran dan skor perjuangan sosial dari 12 orang mahasiswa :
Mahasiswa
Skor
X²
X.Y
Keotoriteran (X)
Perjuangan Sosial (Y)
A
82
42
6724
1764
3444
B
98
46
9604
2116
4508
C
87
39
7569
1521
3393
D
40
37
1600
1369
1480
E
116
65
13456
4225
7540
F
113
88
12769
7744
9944
G
111
86
12321
7396
9546
H
83
56
6889
3136
4648
I
85
62
7225
3844
5270
J
126
92
15876
8464
11592
K
106
54
11236
2916
5729
L
117
81
13689
6561
8586

ΣX = 1164
ΣY = 748
ΣX² = 118958
ΣY² = 51056
ΣX.Y = 75680



7 komentar:

  1. mas itu soal no.1 pada tabel xi-x̄)dapat hasil 4.6 dari mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil dari pengurangan 170 - 165,4

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Pak, t(0,05;6) pada soal no 1 maksudnya apa ya?

    BalasHapus
  4. Maaf ada soal yg lain ga? Tentang korelasi linear berganda!

    BalasHapus
  5. Soal no. 3 ada yang salah hitung di bagian X.Y Kolom (106 x 54) dan (117 x 81) hasilnya salah dan salah jumlah

    BalasHapus