go green

Jumat, 26 Desember 2014

CARA BELAJAR EFEKTIF


Cara Belajar Efektif
Ada beberapa cara belajar efektif dan efisien umum yang dapat diterapkan jika anda mengalami kesulitan dalam belajar. Kita dapat menerapkan salah satu dari cara berikut ini yang sesuai dengan penghambat anda dalam belajar.
1. Pastikan waktu yang tepat
Waktu yang paling tepat biasanya adalah pagi hari, antara jam 4-6 di pagi hari, namun hal ini harus disesuaikan dengan jam tidur anda. Dari penelitian yang ada, pada pagi hari biasanya otak memiliki daya serap yang tinggi terhadap materi yang kita berikan. Dalam pemilihan waktu ini hal yang terpenting adalah jangan memilih waktu yang tidak anda khendaki, misalnya pada jam nonton anda atau jam bermain. Hal ini dikarenakan akan sangat mengganggu konsentrasi.
2. Rangkum materi inti
Salah satu penyebab buruknya kualitas belajar adalah tidak jelasnya materi yang ingin di pelajari. Maksudnya di sini adalah materi yang masih berupa materi mentah misal nya buku atau paper full yang belum dirangkum. Sebelum mempelajari lebih lanjut teknik yang paling bagus adalah merangkum materi penting dalam buku atau paper tersebut baru anda pelajari lebih lanjut. Pada saat merangkum biasanya anda telah banyak mendapatkan materi yang terserap di otak sehingga pada saat belajar akan sangat mudah.
3. Belajar berkelompok dan berdiskusi
Belajar berkelompok dengan berdiskusi dipercaya dapat meningkatkan daya serap seluruh anggota kelompok. Belajar berkelompok ini dapat dilakukan dengan tanya jawab. Satu dapat bertugas sebagai moderator dan yang lain sebagai peserta, baik moderator ataupun peserta dalam diskusi kelompok ini akan memiliki keuntungan yang sama dalam menyerap lebih cepat materi yang dipelajari. Selain itu biasanya materi yang diserap akan dipahami lebih lama.
4. Hilangkan budaya menghafal, ganti dengan budaya memahami
Menghafal sebenarnya tidak ada yang menyalahkan, namun lebih baik anda memahami dari pada menghafal materi. Hal ini dikarenakan menghafal biasanya hanya diingat sebentar di otak, namun jika memahami ini akan lebih lama dan bahkan bertahan selamanya. Memang banyak orang yang hebat menghafal namun sulit untuk memahami, hal ini wajar karena fungsi otak kanan dan fungsi otak kiri manusia berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.
Contoh : 2 + 4 x 4 = 18, bukan 24; Kita memahami kalau tanda kali akan di kalkulasi terlebih dahulu baru diikuti tanda tambah.  Kita bukan menghafal kalau ada angka 2 + 4 x 4 hasilnya adalah 18, singkat kata kalau di ganti dengan 2 + 4 x 5 kita akan kesulitan dalam mencari hasilnya. Nah disinilah peran atau yang kami maksud sebagai budaya memahami.
5. Jangan malu bertanya
Satu cerita bahwa terkadang orang belajar bukan dari buku atau sumber yang diajarkan oleh guru. Jika anda bertanya mengenai pelajaran atau materi yang tidak anda pahami, biasanya anda akan mengingatnya dan cepat memahami materi tersebut.
Contoh : Antoni bertanya pada tukang ojek, jalan menuju perumahan benteng teguh di banjar. Pada hari kedua saat Antoni ingin ke perumahan itu lagi, dia masih lupa jalannya, dia tanya lagi tukang soto. Ketiga kalinya dia pergi dia sudah hafal, dan selanjutnya juga sudah paham tempat tersebut. Walaupun Antoni sudah melihat peta, ia tetap membutuhkan informasi dan bertanya dari orang lain. Jadi bertanya merupakan salah satu cara belajar yang efektif dan efisien.
6. Sesuaikan dengan mood
Walaupun anda telah mencari berbagai mood booster dan cara mengatasi rasa malas untuk belajar, hal ini ternyata percuma saja dan tidak ada manfaatnya. Hal ini dikarenakan materi yang anda pelajari tidak akan bermanfaat.
7. Rutin bukan lama
Belajar harus rutin bukan lama, banyak kesalahan yang dialami adalah belajar ketika akan ujian. Penyebabnya adalah otak manusia memiliki keterbatasan dalam menampung informasi yang anda pelajari.

8. Belajar dan praktek.
Jika materi yang anda pelajari bisa dipraktekkan maka langsung saja dipraktekkan karena teori saja sangat sulit dipahami. Banyak orang yang lebih menyukai simulasi atau praktek dalam mempelajari sesuatu.
Cara belajar efektif dan efisien dalam sekolah, kuliah, kursus, kerja dan kegiatan lain memang harus disesuaikan dengan kemampuan kita. Menerapkan cara yang paling tepat untuk pribadi dan kondisi otak kita adalah hal yang terbaik.

9. Belajar Sambil Mendengarkan Musik
Berbagai penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi belajar. Musik membuat anda “mengalir’ , dan merangsang pikiran untuk berkosentrasi pada apa yang sedang anda pelajari atau kerjakan . Idealnya kita mendengarkan musik klasik atau instrumentalia/ musik lembut dengan beat yang santai . Tapi kalau kita tidak bisa menikmatinya , putarlah musik kesayangan kita.



11 kebiasaan yang merusak otak
1.      Merokok
Merokok mempunyai efek yang sangat berbahaya bagi otak kita. Racun rokok (nikotin) bisa merusak otak dan menjadikan otak kehilangan fungsi – fungsinya.

2.      Tidak sarapan
Sarapan sangat penting bagi kesehatan otak. Kurangnya asupan nutrisi di pagi hari dapat menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Rendahnya kadar gula dalam darah akan mengakibatkan kurangnya masukan nutrisi ke otak, sehingga dapat mengakibatkan kemunduran kerja otak.

3.      Terlalu banyak makan
Terlalu banyak makan juga tidak bagus bagi kesehatan otak. Asupan nutrisi yang berlebihan akan membebani kerja otak, dan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya akan berakibat pada penurunan kekuatan mental.

4.      Konsumsi gula berlebih
Asupan gula yang berlebih akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5.      polusi udara
otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Udara yang berpolusi dapat menjadikan kerja otak tidak maksimal.

6.      Bekerja terlalu keras saat sakit
Saat sakit adalah saat dimana tubuh anda meminta untuk “di istirahatkan”. Bekerja atau berfikir saat kondisi tubuh tidak memungkinkan akan memperparah ketidakefektifan otak.

7.      Kurang tidur
Tidur merupakan kesempatan yang bagus untuk mengistirahatkan otak. Waktu tidur yang kurang dapat mengakibatkan sel – sel otak mati kelelahan.

8.      Tidur berlebihan
Tidur berlebihan juga tidak bagus bagi kesehatan otak, karena dapat mengakibatkan sel – sel otak akan mati karena jarang terpakai.

9.      Menutup kepala saat tidur
Menutup kepala saat tidur akan menghalangi pengeluaran karbondioksida yang diproduksi oleh tubuh. Akibatnya, karbondioksida akan terakumulasi didalam tubuh dan dapat mencemari otak, sehingga lama – kelamaan dapat merusak otak.

10.  Kurang stimulasi otak ( kurang berfikir )
Berfikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Otak yang tidak terstimulasi didalam tubuh dan dapat mencemari otak, sehingga lama – kelamaan dapat merusak otak.

11.  Jarang berkomunikasi
Interaksi dengan sesama sangat berpengaruh pada daya kerja otak. Percakapan – percakapan yang anda lakukan (terutama percakapan intelektual) dapat memberi efek yang bagus dan meningkatkan kerja otak.


7 Makanan Peningkat Daya Ingat

1.      Salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak Omega-3 ( DHA and EPA ), yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Orang yang mendapat asupan asam lemak lebih banyak akan mempunyai ingatan yang lebih tajam disbanding yang kurang mendapat asupan lemak. Contoh lain adalah ikan tuna.

2.      Telur
Telur merupakan makanan peningkat daya ingat yang paling popular, karena mudah didapatkan dan harganya cukup murah. Telur mengandung kolin yang bersifat baik untuk meningkatkan daya ingat.

3.      Kacang – kacangan
Kacang – kacangan merupakan makanan yang baik untuk otak karena mengandung protein serta karbohidrat yang dapat menghasilkan energy yang dibutuhkan oleh otak. Disamping itu, kacang – kacangan kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral.

4.      Gandum dan Oat
Kedua makanan ini merupakan makanan yang kaya akan nutrisi penting buat otak. Serat yang terkandung dalam gandum dan oat dapat membantu dapat membantu pelepasan glukosa dalam tubuh yang sangat dibutuhkan oleh otak. Disamping itu, gandum juga mengandung vitamin E, Vitamin B, potassium dan seng yang sangat baik untuk kerja optimal.

5.      Sayuran
Sayuran adalah makanan yang sangat baik bagi otak. Karena sayuran sangat kaya akan nutrisi da mengandung antioksidan yang dapat menjaga sel – sel otak tetap sehat.

6.      Susu
Susu banyak mengandung protein dan vitamin yang sangat diperlukan oleh otak. Orang yang meminum susu secara teratur otaknya berkembang lebih baik yang tidak minum susu sama sekali.

7.      Daging tanpa lemak
Konsumsi daging tanpa lemak dalam kadar yang tidak berlebihan baik untuk daya ingat dan konsentrasi otak.


Tips Mempertajam daya ingat
1.      Jaga kesehatan dan berolahraga
Kesehatan yang terjaga dan olahraga yang teratur akan sangat membantu ketajaman daya ingat anda.

2.      Hindari stress
Keadaan stress dapat membebani kerja otak sehingga dapat menurunkan daya ingat anda.

3.      Melatih daya ingat
Sesuatu yang sering dilatih, besar kemungkinan untuk menjadi lebih baik daripada yang tidak di latih.

4.      Kembangkan sikap positif
Sikap positif adalah awal yang baik untuk segalanya.

5.      Jaga pola makan
Untuk mempertajam daya ingat, ada baiknya anda menjaga pola makan.
Cara menghindari BADMOOD
1.      Keluar dari rutinitas
Tidak bisa di pungkiri, badmood biasanya muncul dari kebosanan kita menghadapi rutinitas yang itu-itu saja.

2.      Turuti keinginanmu
Apa kamu mempunya keinginan yang lama kamu pendam ? kalau iya, lakukan keinginanmu itu saat kamu badmood.

3.      Tertawa
Tertawa dapat mengendurkan saraf yang tegang dan bisa memberikan suasana hati yang positif.

4.      Larilah pada seni
Kegiatan seni, baik itu melukis, menulis atau hanya mendengarkan lagu, dapat menghilangkan stress dan membangun mood bagus.

5.      Introspeksi Diri
Introspeksi diri adalah cara paling bijaksana untuk mengatasi badmood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar