go green

Kamis, 15 September 2011

TEKNOLOGI INFORMASI

 DEFINISI TI


          Teknologi Informasi adalah suatu alat yang dapat membantu kita mendapatkan informasi dengan cepat, praktis, dan mudah didapat. Teknologi informasi dapat perkembang sangat pesat dari waktu ke waktu dikarenakan kebutuhan informasi sangat penting dan bermanfaat. Teknologi Informasi yang biasa disingkat TI ini menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Definisi TI menurut para Ahli


Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Oleh : Eka Risyana Pribadi


Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. 
Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi.
Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.



 Sejarah dan perkembangan TI

          Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
       Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
           Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi.                Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan. http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

 Keuntungan Teknologi Informasi

Keuntungan dari Teknologi Informasi terbagi menjadi 4 yaitu:

Dalam Bidang Sosial
  • kita dapat mencari informasi dengan cepat dan mudah tanpa harus menuju tempat sumber informasi yang dibutuhkan. Contohnya kita bisa menggunakan alat komunikasi jarak jauh.
  • Kita dapat berhemat waktu dan biaya.
Dalam Bidang Pendidikan
  • Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  • Bagi para siswa dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan mudah.
Dalam Bidang Ekonomi
  • Semakin maraknya penggunaan TI akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
  • dapat mempermudah sistem perekonomian para pengusaha dan masyarakat
  • Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Dalam Bidang Pemerintahan
  • Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
  • e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  • Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.

Keberhasilan dan kegagalan dari TI

Kelebihan Penerapan Teknologi Informasi
            Kelebihan dari penerapan suatu teknologi informasi dapat dilihat dari manfaat yang dapat ditimbulkan dari manfaat yang akan dihasilkan. Manfaat suatu penerapan teknologi informasi dapat secara ekonomis maupun non ekonomis. Manfaat ekonomis ialah manfaat yang menyebabkan perbaikan dalam penghasilan atau memperkecil biaya. Sedangkan manfaat non ekonomis berhubungan dengan mutu hidup. Suatu penekanan dalam ketidakpastian yang tidak mempunyai dampak ekonomis dapat disukai karena manusia mempunyai kecenderungan menilai berkurangnya ketidakpastian untuk kepentingan pribadi. Peningkatan kepercayaan dalam pembuatan keputusan terjadi karena perbaikan kualitas dan kuantitas informasi. 

Kegagalan Penerapan Teknologi Informasi di Indonesia
            Kekurangan penerapan teknologi informasi di Indonesia lebih banyak disebabkan oleh kegagalan dalam penerapan teknologi informasi. Kegagalan tersebut disebabkan oleh masalah dan hambatan yang ditemui dalam perkembangan dan penerapan teknologi informasi. SWA (2003) menyebutkan bahwa meskipun investasi teknologi informasi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia terus mengalami peningklatan dari tahun 2001, 2002, 2003, yaitu dengan masing-masing nilai sebesar US$ 858 juta, US$ 896,6 juta, dan US$ 1,08 miliar, akan tetapi hanya 20% investasi teknologi yang mencapai sasaran dan dapat terpakai secara optimal. 
http://amalia.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2011/07/13/penerapan-teknologi-informasi-di-indonesia-evaluasi-keberhasilan-dan-kegagalan/


Inovasi dalam bidang TI ( Inovasi yang menakjubkan )

          Menurut saya, inovasi yang akan saya lakukan terkait teknologi informasi adalah mengembangkan teknologi yang sudah ada dengan manfaat yang lebih menguntungkan dari manfaat yang sebelumnya.
          Saya berangan - angan ingin menciptakan komputer yang dapat menembus waktu, yah bisa dibilang mesin waktu. kurang lebih seperti mesin waktu yang dimiliki Doraemon hahaha yang dapat pergi menembus masa lalu dan masa depan sehingga kita dapat mengetahui informasi dimasa lalu atau dimasa depan dengan lebih cepat dari yang kita bayangkan.
          Namun, ide ini mungkin cukup berat bagi saya untuk mewujudkannya, karena membutuhkan ilmu teknologi tingkat tinggi dan kecepatan yang sangat hebat untuk menembus waktu.
          Banyak manfaat yang kita dapatkan jika mesin ini tercipta, kita dapat memperbaiki masa lalu dan masa depan yang mungkin buruk bagi manusia menjadi lebih baik.
Mungkin Ide saya ini sangat gila dan tidak masuk diakal. Namun, segala sesuatu yang menakjubkan terlahir dari ide - ide menakjubkan dan ide gila dari sang pencipta tersebut.

          semoga apa yang telah saya paparkan tadi dapat menginspirasikan kalian semua menjadi penemu atau pencipta alat - alat yang spektakuler dan dapat mengejutkan dunia. Aminnn..:D

Teknologi dalam Arti Sudut Pandang yang Berbeda

Teknologi dalam sudut pandang yang berbeda terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya;

  • Perspektif anak - anak 
Dalam perspektif anak - anak, terutama anak - anak SD  cenderung memanfaatkan TI sebagai mainan atau hiburan. contoh mereka hanya memanfaatkan komputer sebagai main game online, HP sebagai mainan yang Praktis, dan sebagai pembelajaran asah otak seperti game yang dapat mengembangkan pola pikir anak menjadi cerdas. Jika sudah beranjak SMP TI dapat digunakan sebagai game dan metode pembelajaran anak. Sebagai contoh mereka dapat mencari informasi diinternet sebagai pengganti buku jika mereka mengalami kesulitan menjawab PR dari sekolah atau mereka pun dapat mencari bahan - bahan diinternet untuk menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan oleh guru.
  • Perspektif Remaja
Dikategorikan Remaja jika sudah SMA atau lulus SMA. Mereka akan menggunakan TI sebagai alat yang dapat mereka gunakan kapan saja, karena pada masa ini remaja cenderung rasa ingin tahunya sangat tinggi, mereka menggunakan TI ini dengan bebas dan bahkan digunakan untuk hal - hal negatif. Dalam masa ini pengawasan orang tua sangat dibutuhkan agar remaja kita tidak terjerumus dalam hal yang buruk dan yang tidak diinginkan.
  • Perspektif Anak Kuliah
Dalam hal ini remaja kuliah sudah dapat memanfaatkan TI dengan sangat positif. Mereka menggunakan TI sebagai bahan penelitian dan pembelajaran yang sangat bermanfaat, dan mereka sudah memiliki etika yang baik untuk mempergunakan TI dengan hal - hal yang positif sehingga hal negatif yang ada pada TI sepenuhnya sudah ditinggalkan oleh remaja kuliah.
  • Perspektif Pekerja
Mereka para pekerja memberlakukan TI sebagai alat untuk memepermudah dan mempercepat pekerjaan mereka dan mempercepat dalam menemukan informasi yang aktual agar pekerjaan mereka selesai tepat pada waktunya. ajang promosi atau iklan dalam hal usaha, agar mendapatkan keuntungan sebanyak - banyaknya dalam bisnis mereka.
  • Perspektif Pedagang
Dalam perspektif pedagang mereka menjadikan TI sebagai  ajang promosi atau iklan dalam hal usaha, agar mendapatkan keuntungan sebanyak - banyaknya dalam bisnis mereka.
  • Perspektif Orang Tua
TI sebagai orang tua akan dimanfaatkan semaksimal mungkin karena para orang tua sudah berfikir masalah ekonomi keluarga sehingga mereka memanfaatkan TI sebagai Usaha mereka mencari uang sebanyak - banyaknya dan keuntungan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar