UJI PEMAHAMAN MATERI
PERTEMUAN
6 : ANALISIS KORELASI LINIER SEDERHANA
Mata Kuliah Statistika Industri 2
Dosen
Pengampu: Nanang Kusnandar, S.Si., M.T.
Nama : Dharma Putra Satria
NIM : 2012080222 / 04TIDPB
Mata Kuliah : Statistika Industri 2
Dosen : Nanang Kusnandar, S.Si.,M.T.
PERTANYAAN:
1. Berikut
adalah data tinggi badan bapak (X) dan anak (Y):
No
|
X
|
Y
|
1
|
170
|
178
|
2
|
163
|
175
|
3
|
157
|
165
|
4
|
165
|
173
|
5
|
175
|
168
|
6
|
160
|
152
|
7
|
165
|
163
|
8
|
168
|
168
|
- Hitunglah koefisien korelasi linear
antara X dan Y! Apa arti dari nilai koefisien korelasi tersebut?
- Pada taraf nyata 10%, ujilah hipotesis
bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara tinggi badan seorang bapak
dengan tinggi badan anaknya!
Jawab :
Pengamatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bapak
|
170
|
163
|
157
|
165
|
175
|
160
|
165
|
168
|
Anak
|
178
|
175
|
165
|
173
|
168
|
152
|
163
|
168
|
Untuk pengamatan
tersebut dapat dibuat table berikut ini (X untuk tinggi bapak, Y untuk tinggi
anak)
i
|
Xi
|
yi
|
(xi-x̄)
|
(yi-ȳ)
|
(xi-x̄) (yi-ȳ)
|
(xi-x̄)²
|
(yi-ȳ)²
|
1
|
170
|
178
|
4.6
|
10.3
|
47.38
|
21.16
|
106.09
|
2
|
163
|
175
|
-2.4
|
7.3
|
-17.52
|
5.76
|
53.29
|
3
|
157
|
165
|
-8.4
|
-2.7
|
22.68
|
70.56
|
7.29
|
4
|
165
|
173
|
-0.4
|
5.3
|
-2.12
|
0.16
|
28.09
|
5
|
175
|
168
|
9.6
|
0.3
|
2.88
|
92.16
|
0.09
|
6
|
160
|
152
|
-5.4
|
-15.7
|
84.78
|
29.16
|
246.49
|
7
|
165
|
163
|
-0.4
|
-4.7
|
1.88
|
0.16
|
22.09
|
8
|
168
|
168
|
2.6
|
0.3
|
0.78
|
6.76
|
0.09
|
total
|
1323
|
1342
|
|
|
140.74
|
225.88
|
463.52
|
X̄ = 1323 / 8 =
165,4
Ȳ = 1342 / 8 =
167,75
2. Sepuluh
orang mahasiswa mempunyai nilai Matematika (X) dan Fisika (Y) sebagai berikut
(dalam skala 0 – 4):
No
|
X
|
Y
|
1
|
3
|
2
|
2
|
4
|
2
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
3
|
5
|
4
|
4
|
6
|
3
|
4
|
7
|
2
|
1
|
8
|
1
|
1
|
9
|
3
|
3
|
10
|
2
|
3
|
- Carilah koefisien korelasi antara nilai
matematika dan fisika mahasiswa berdasarkan data di atas! Apa arti dari
koefisien korelasi tersebut?
- Pada taraf nyata 5%, ujilah hipotesis
bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara nilai matematika dan fisika
mahasiswa!
Jawab :
Data mahasiswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Matematika
|
3
|
4
|
3
|
2
|
4
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
Fisika
|
2
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
1
|
1
|
3
|
3
|
Untuk pengamatan
tersebut dapat dibuat table berikut ini (X untuk Matematika, Y untuk Fisika)
i
|
Xi
|
yi
|
(xi-x̄)
|
(yi-ȳ)
|
(xi-x̄) (yi-ȳ)
|
(xi-x̄)²
|
(yi-ȳ)²
|
1
|
3
|
2
|
0.3
|
-0.9
|
-0.27
|
0.09
|
0.81
|
2
|
4
|
2
|
1.3
|
-0.9
|
-1.17
|
1.69
|
0.81
|
3
|
3
|
4
|
0.3
|
1.1
|
0.33
|
0.09
|
1.21
|
4
|
2
|
3
|
-0.7
|
0.1
|
-0.07
|
0.49
|
0.01
|
5
|
4
|
4
|
1.3
|
1.1
|
1.43
|
1.69
|
1.21
|
6
|
3
|
4
|
0.3
|
1.1
|
0.33
|
0.09
|
1.21
|
7
|
2
|
2
|
-0.7
|
-0.9
|
0.63
|
0.49
|
0.81
|
8
|
1
|
2
|
-1.7
|
-0.9
|
1.53
|
2.89
|
0.81
|
9
|
3
|
3
|
0.3
|
0.1
|
0.03
|
0.09
|
0.01
|
10
|
2
|
3
|
-0.7
|
0.1
|
-0.07
|
0.49
|
0.01
|
Total
|
27
|
29
|
|
|
2.7
|
8.1
|
6.9
|
X̄ = 1323 / 8 =
165,4
Ȳ = 1342 / 8 =
167,75
3. Tabel
berikut menunjukkan skor keotoriteran dan skor perjuangan sosial dari 12 orang
mahasiswa:
|
Skor
|
|
Mahasiswa
|
Keotoriteran
|
Perjuangan sosial
|
A
|
82
|
42
|
B
|
98
|
46
|
C
|
87
|
39
|
D
|
40
|
37
|
E
|
116
|
65
|
F
|
113
|
88
|
G
|
111
|
86
|
H
|
83
|
56
|
I
|
85
|
62
|
J
|
126
|
92
|
K
|
106
|
54
|
L
|
117
|
81
|
Berdasarkan data
tersebut, periksalah apakah terdapat hubungan antara skor keotoriteran dengan
skor perjuangan sosial pada mahasiswa ? (lakukan pengujian signifikansi pada a = 0,01)
Jawab :
Tabel berikut menunjukkan skor
keotoriteran dan skor perjuangan sosial dari 12 orang mahasiswa :
Mahasiswa
|
Skor
|
X²
|
Y²
|
X.Y
|
|
Keotoriteran
(X)
|
Perjuangan
Sosial (Y)
|
||||
A
|
82
|
42
|
6724
|
1764
|
3444
|
B
|
98
|
46
|
9604
|
2116
|
4508
|
C
|
87
|
39
|
7569
|
1521
|
3393
|
D
|
40
|
37
|
1600
|
1369
|
1480
|
E
|
116
|
65
|
13456
|
4225
|
7540
|
F
|
113
|
88
|
12769
|
7744
|
9944
|
G
|
111
|
86
|
12321
|
7396
|
9546
|
H
|
83
|
56
|
6889
|
3136
|
4648
|
I
|
85
|
62
|
7225
|
3844
|
5270
|
J
|
126
|
92
|
15876
|
8464
|
11592
|
K
|
106
|
54
|
11236
|
2916
|
5729
|
L
|
117
|
81
|
13689
|
6561
|
8586
|
|
ΣX = 1164
|
ΣY = 748
|
ΣX² =
118958
|
ΣY² =
51056
|
ΣX.Y =
75680
|
mas itu soal no.1 pada tabel xi-x̄)dapat hasil 4.6 dari mana ya?
BalasHapushasil dari pengurangan 170 - 165,4
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPak, t(0,05;6) pada soal no 1 maksudnya apa ya?
BalasHapusMaaf ada soal yg lain ga? Tentang korelasi linear berganda!
BalasHapusSoal no. 3 ada yang salah hitung di bagian X.Y Kolom (106 x 54) dan (117 x 81) hasilnya salah dan salah jumlah
BalasHapus